Mengenal Buah Zaitun dan Manfaatnya Bagi kecantikan

Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Zaitun termasuk anggota suku Oleaceae, banyak ditemukan di daerah-daerah iklim panas sampai iklim sedang. Kebanyakan jenisnya dapat ditemui di Asia dan daerah Laut Tengah. Tumbuhan ini masih berkerabat dengan melati (Jasminum sambac).



Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun.

Buah Zaitun diketahui mempunyai banyak manfaat. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Buah zaitun mempunyai kandungan berbagai vitamin A dan E dan mineral, minyak zaitun digunakan sebagai terapi kecantikan untuk mengurangi rasa gatal dan guratan pada kulit, menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan, menjaga kecantikan dan kekenyalan kulit. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda.

Sumber: infokulit.info & wikipedia

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.