Tips Mengatasi Rumah Lembab

Rumah yang lembab, selain tidak nyaman ditinggali karena menimbulkan bau kurang sedap, juga tidak aman buat kesehatan dan menyebabkan peralatan elektronik cepat rusak. Tentunya kita tidak ingin rumah yang kita tinggali menjadi lembab bukan? Sebenarnya apa penyebab rumah lembab? Apa akibatnya? dan Bagaimana mengatasinya? Simak artikel berikut.



Rumah yang lembab bisa disebabkan oleh sirkulasi yang tidak baik, kebocoran pada instalasi air atau saluran pembuangan air, Atap yang bocor mengakibatkan air hujan masuk dapat membuat udara menjadi lembap, dan banyaknya penampungan air di dalam rumah.

Rumah lembab, selain tidak aman juga tidak nyaman ditinggali. Rumah lembab menyebabkan suasana dalam rumah terasa panas, mudah tumbuh jamur yang bisa merusak peralatan rumah tangga dari kayu, peralatan elektronika, serta surat-surat berharga dari kertas (ijasah, foto, dll), dan menyebabkan dinding dan atap menjadi kotor karena tumbuh jamur dan juga meninggalkan bekas air. Yang terutama, rumah lembab dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh jamur.

Bagaimana cara mengatasi rumah lembab? Berikut tips mengatasi rumah lembab yang kami kutip dari kumpulan.info, semoga bermanfaat.

Perbaiki sumber kelembapan

Hal yang paling utama adalah mengetahui terlebih dahulu, apa penyebab udara dalam rumah menjadi lembap. Apakah karena adanya kebocoran atau sirkulasi yang tidak baik. Mengetahui penyebabnya secara pasti, membantu mencegah terjadinya kerusakan kembali pada tembok atau plafon yang sudah diperbaiki.

Memasang Exhaust Fan

Sesuai fungsinya, exhaust fan dapat membawa udara dari dalam ruangan ke luar ruangan. Hal ini dapat membuat adanya sirkulasi dalam rumah dan mengeluarkan udara lembap dari dalam rumah.

Kipas Angin pada Langit-Langit

Kipas angin akan membuat perputaran angin dalam rumah dengan lebih baik dan mengurangi jumlah air yang terdapat dalam udara di dalam rumah.

Memakai Kapur Serap Air

Anda dapat membeli kapur jenis ini di toko atau supermarket. Kapur ini berfungsi menyerap kadar air yang ada di dalam udara. Menggunakan kapur ini harus diganti secara periodic karena air yang diserap akan tersimpan di bagian dalamnya. Jika sudah penuh, kapur ini tidak bisa menyerap air lagi sehingga perlu yang baru.

Menggunakan Dehumidifier

Sebuah alat yang dirancang untuk menghilangkan udara lembap. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan udara lembap yang kemudian diubah menjadi udara dingin, sehingga menghasilkan udara yang lebih baik.

Sudah tahu penyebab rumah lembab dan akibat yang ditimbulkan dari rumah lembab tersebut kan? Sudah pula mengetahui cara mengatasi rumah lembab kan? Saatnya kita benahi tempat tinggal kita agar menjadi hunian yang aman dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.