Ini Sebabnya Handuk Harus Dicuci Dua Kali Seminggu

Sehabis mandi, biasanya kita menggunakan handuk untuk mengeringkan air yang menempel di tubuh. Masalahnya, handuk sering kita pakai berulang-ulang sehingga bukan tak mungkin pada handuk tersebut menempel berbagai kuman. Oleh karena itu, kita harus rajin mencuci handuk agar tak bakteri yang ada pada handuk tidak berkembang biak dan menjadikan handuk tersebut sarang bakteri atau kuman.



Chuck Gerba, PhD, profesor mikrobiologi di University of Arizona, seperti dikutip dari Reader's Digest mengatakan bahwa jika terlalu sering menggunakan handuk tanpa dicuci maka bakteri dan kuman akan terus menumpuk di handuk dan bersarang di handuk tersebut.

Resiko jika membersihkan tubuh dengan menggunakan handuk yang telah banyak mengandung bakteri atau kuman biasanya meningkatkan resiko terinfeksi. Infeksi ini bisa terjadi karena menggosok tubuh dengan handuk kotor biasanya menyebabkan gatal-gatal, dan ketika digaruk kemungkinan bakteri dan kuman bisa masuk ke dalam tubuh.

Lebih lanjut, dr. Chuck Gerba menganjurkan bahwa handuk lebih baik dibersihkan dua hari sekali untuk menghindarkan bakteri dan kuman bersarang di dalam handuk. Lebih dari dua hari, bakteri, kuman, dan mikroorganisme akan menempel pada handuk. Setelah dicuci, keringkan handuk secara maksimal di luar ruangan sampai benar-benar kering, dan jangan menumpuk atau melipat handuk dan menyimpan dalam lemari ketika kondisi handuk masih belum kering sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.